LogoHeader

Kegiatan Donor Darag PMR WIRA SMA Muhamka Bekerja Sama Dengan PMI Banjarnegara

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

PMR Wira SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara bekerjasama dengan PCPM Kalibening dan PMI Banjarnegara mengadakan kegiatan donor darah pada hari Selasa, 21 desember 2021 di komplek sekolah. Pembina PMR, Ibu Eky menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini. “Alhamdulillah kegiatan donor darah hari ini berjalan dengan lancar. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PC Pemuda Muhammadiyah Kalibening dan Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMA MUHAMMADIYAH 4 BANJARNEGARA yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Banjarnegara.
Dengan jumlah pendaftar sebanyah 64 orang  dan yang bisa di donor sebanyak 47 orang,” terangnya.

Pembina PMR menceritakan bahwa Jumlah pendonor lebih banyak dari jumlah yang diperkirakan PMI. Peserta berasal dari peserta didik, pendidik , tenaga kependidikan dan masyarakat umum. Antusias masyarakat sangat besar mengingat sudah cukup lama tidak dilaksanakan donor darah di Kalibening.

Adapun urutan yang harus dipatuhi oleh peserta sebelum mendonorkan darahnya, adalah dimulai dari cek suhu, pengisian formulir dilanjutkan pendonoran darah. Anak-anak PMR antusias sekali karena ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka membantu PMI dalam kegiatan donor darah. PMI memberikan layanan kepada anak PMR bisa dengan cek golongan darah. Kegiatan ini memiliki banyak sekali sisi positif, seperti menumbuhkan jiwa sosial dan membantu pasien-pasien yang membutuhkan darah. Diantara banyak masyarakat yang datang adalah bapak Solihin, selaku kepala sekolah SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara berpartisipasi dalam acara donor darah ini.

Petugas dari PMI menjelaskan manfaat dari donor darah diantaranya menjaga kesehatan jantung, mendeteksi penyakit serius,mengetahui kondisi kesehatan, dan meningkatkan produksi sel darah.
Bagi peserta didik kegiatan ini merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan dan dapat di jadikan sebagai pembelajaran. “Harapan kami semoga  PMI ataupun PMR kedepannya dapat bekerjasama selain kegiatan donor darah dalam bentuk kegiatan lainnya,”harapan pembina PMR Ibu Eky. (Slk/Eky-04)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Search